BRI Jadi Banking Partner, Halal Indo 2025 Sukses Digelar

Sedang Trending 2 hari yang lalu

INFO BISNIS - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung percepatan industri legal nasional dengan menjadi banking mitra pada arena Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2025 nan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 25–28 September 2025.

Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca

Selama 4 hari penyelenggaraan, Halal Indo 2025 mencatatkan jumlah visitor sebanyak lebih dari 25 ribu alias berada di atas sasaran 15 ribu nan ditetapkan penyelenggara. Pengunjung tersebut tak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga berasal dari luar negeri seperti Tiongkok, Finlandia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, Korea Selatan, Albania, India, hingga Yordania.

Selain itu, Halal Indo 2025 juga mencatatkan realisasi penjualan sebesar Rp7,7 miliar serta sukses mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp7,2 triliun. Corporate Secretary BRI Dhanny mengatakan, partisipasi BRI dalam perhelatan berskala internasional ini bukan hanya sekadar support terhadap industri halal, namun juga strategi perseroan untuk memperluas ekosistem transaksi digital di Indonesia. 

Dia menegaskan, BRI konsisten untuk mendukung penguatan ekosistem legal melalui solusi finansial digital nan inklusif. "Kami percaya, industri legal Indonesia tetap mempunyai potensi besar untuk bersaing di kancah global, dan UMKM merupakan motor penggeraknya. Kehadiran BRI di Halal Indo 2025 adalah bukti nyata komitmen kami dalam menghubungkan UMKM legal ke pasar nan lebih luas sekaligus memperluas literasi dan inklusi finansial masyarakat,” kata dia.

Selama pameran, BRI menghadirkan beragam program menarik, ialah 'Perbanyak Transaksi BRImo' dengan bingkisan langsung bagi nasabah, hingga promo cashback hingga 20 persen di merchant F&B serta cashback 10 persen di merchant non-F&B menggunakan QRIS BRI. Inisiatif ini mendapatkan sambutan positif dari visitor lantaran tidak hanya menghadirkan untung langsung, tetapi juga mendorong perubahan perilaku transaksi menuju cashless society nan lebih aman, praktis, dan efisien.

Selain memperkuat literasi digital, BRI juga memanfaatkan momentum Halal Indo 2025 untuk memberdayakan UMKM legal bimbingan BRI nan telah siap naik kelas. Beberapa UMKM unggulan tampil memamerkan produk-produk berkualitas, antara lain Roka Collection (Tangerang) dengan sofa dan kerajinan rotan, Urban Factor (Depok) dengan produk tas dan fashion pria, Liyan Indonesia (Jakarta) dengan fashion wanita dan batik, Kaula Snack Indonesia (Subang) dengan produk olahan snack halal, serta Ria Jewellery (Jakarta Timur) dengan perhiasan dan aksesoris legal lifestyle.

UMKM bimbingan tersebut tidak hanya memperoleh akses permodalan melalui KUR dan pembiayaan komersial BRI, tetapi juga telah terintegrasi dengan jasa digital perbankan seperti BRImo, QRIS, dan beragam akomodasi transaksi lainnya. Dengan support ini, BRI memastikan UMKM legal bisa memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat global.

Apresiasi terhadap BRI juga datang dari Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Eko S.A. Cahyanto, nan mengaku bangga atas kesuksesan Halal Indo 2025. Menurut dia, capaian transaksi hingga Rp77 miliar dan jumlah visitor nan menembus 25.000 orang merupakan bukti nyata besarnya potensi industri legal di Indonesia.

“Saya senang sekali, bangga sekali dengan Halal Indo 2025 nan jauh lebih baik, meriah, dan lebih sukses dari Halal Indo 2024. Karena itu, saya mau mengucapkan terima kasih kepada Dyandra Promosindo nan telah bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, para sponsor, peserta, pengunjung, dan seluruh pihak nan telah mensukseskan aktivitas Halal Indo 2025,” ujarnya. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis