PERJALANAN Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Gambir - Jember mengalami keterlambatan akibat adanya gangguan operasional di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Minggu, 26 Oktober 2025.
Gangguan tersebut disebabkan oleh anjloknya KA Purwojaya di kilometer 56+1/2 emplasemen Stasiun Kedunggedeh Bekasi pada Sabtu, 25 Oktober 2025 pukul 14.14 WIB. Seluruh penumpang dan awak KA Purwojaya dalam keadaan selamat, tanpa ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.
Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca
Akibat kejadian tersebut, jalur hulu tidak dapat dilewati, sehingga seluruh perjalanan kereta api di lintas tersebut dialihkan menggunakan jalur hilir (berjalan di jalur kiri). Kondisi ini menyebabkan terjadinya antrean perjalanan kereta api, termasuk KA Pandalungan nan mengalami kelambatan cukup signifikan.
Namun, perkembangan terbaru menunjukkan bahwa proses pemindahan seluruh rangkaian KA Purwojaya (58F) telah selesai seluruhnya pada pukul 04.26 WIB. Setelah dilakukan perbaikan jalur, jalur hulu dari kilometer 55+900 hingga 56+500 dapat kembali dilalui dengan kecepatan terbatas 10 km/jam.
Pada pukul 04.47 WIB, KA 134 Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir–Bandung menjadi kereta pertama nan melintas di jalur hulu tersebut setelah proses pemindahan dan perbaikan dinyatakan selesai oleh petugas lapangan.
Update terkini perjalanan KA posisi pukul 11.00 WIB:
- KA 32 (Pandalungan) relasi Gambir–Surabaya Gubeng–Jember, posisi berangkat dari Stasiun Pekalongan dengan kelambatan 630 menit.
- Estimasi tiba di Stasiun Jember (JR) pada pukul 19.30 WIB.
Sementara itu, untuk KA Pandalungan relasi Jember–Gambir tetap bakal menggunakan rangkaian eksisting dari KA Pandalungan nan datang dari Gambir, sehingga perkiraan keberangkatan dari Stasiun Jember kurang lebih pukul 21.00 WIB.
Seluruh penumpang bakal mendapatkan kompensasi Service Recovery sesuai ketentuan nan berlaku. Namun, andaikan pengguna memutuskan untuk tidak berangkat alias tidak melanjutkan perjalanan, tiket dapat dibatalkan di loket stasiun online terdekat dengan pengembalian bea 100% tanpa potongan.
Pengembalian dapat dilakukan secara tunai di loket alias melalui transfer ke rekening pengguna paling lambat 1x24 jam sejak proses pembatalan. “Kami minta maaf nan sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini. Seluruh penumpang telah diberikan Service Recovery sesuai ketentuan nan berlaku,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Minggu, 26 Oktober 2025
Cahyo menambahkan, KAI terus berkoordinasi dengan tim di wilayah KAI Daop 1 Jakarta untuk memastikan proses penanganan melangkah sigap dan aman. Setelah jalur dinyatakan normal, perjalanan kereta api bakal kembali berangsur pulih sesuai diagram perjalanan kereta api (Gapeka) nan berlaku.
“Kami memahami situasi ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna nan telah merencanakan perjalanan mereka. Namun, keselamatan merupakan prioritas utama kami. Kami berterima kasih atas kesabaran dan pengertian pelanggan, serta memastikan seluruh petugas kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik hingga penumpang tiba di tujuan dengan selamat,” tutur Cahyo.
PT KAI Daop 9 Jember mengimbau kepada pengguna untuk selalu memperhatikan info perjalanan KA melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, alias media sosial resmi KAI guna mendapatkan pembaruan terbaru mengenai agenda perjalanan.
KAI juga mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan pengertian pengguna dalam situasi ini serta memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan penumpang tetap menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan kereta api.
2 hari yang lalu
English (US) ·
Indonesian (ID) ·